• Gedung KUA Kec. Cangkringan
  • Cetak Buku Nikah
  • Bukti Telah Nikah Sah
  • Salah Satu Tupoksi KUA Kec. Cangkringan: Manasik Haji
  • Pembinaan Kaum Rois Pasca Erupsi Merapi 2010

Kamis, 05 Mei 2011

Membaca Kitab Kuning dengan Maktabah Asy-Syamilah


Apakah Anda ingin memiliki kitab tafsir Thabary, kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Kutub Tis'ah dan kitab-kitab induk lainnya? Jika ya, apakah Anda punya cukup dana untuk membelinya? Padahal Anda sangat membutuhkannya, tapi apa daya ekonomi tidak mendukung.
Di zaman dahulu sulit mendapatkan kitab, karena belum banyak percetakan tersebar. Di samping itu, juga karena alat tulis sulit didapat dan mahal. Namun di zaman modern ini, kita sangat mudah mendapatkannya, apalagi sekarang sudah ada model kitab digital di komputer. Software gratisnya pun mudah kita dapatkan. Bagaimana caranya??? Kita bisa mendownload di berbagai situs yang menyediakannya. Di antaranya :
1. http://www.shamela.ws
2. http://www.almeshkat.com/books/
3. http://www.almaktba.com
4. http://saaid.net/book/index.php
5. www.sultan.org/
Kita pun bisa mencari kitab gratis di sana, dengan bahasa Arab tentunya. Kini telah hadir solusi tepat bagi Perpustakaan Pribadi Anda. Yaitu. adanya kumpulan kitab-kitab induk berbahasa Arab, Maktabah Syamilah atau Maktabah Shamela.<span class="fullpost">
Maktabah Shamela adalah program komputer yang memuat ribuan kitab-kitab induk seperti Kitab Tafsir Ibnu Katsir, trafsir Thabary, Qurtuby, Kitab Hadits seperti : Shahih Bukhari, Shahih Muslim.
Kumpulan kitab-kitab itu sangat berguna bagi para santri, penuntut ilmu, para Ustadz atau Kyai, dan pengelola pondok pesantren, bahkan Kepala KUA atau Penghulu.
Daftar Bidang Ilmu dan Jumlah Kitab di dalam Software ini memuat berbagai kitab dalam berbagai bidang:
  1. Di bidang tafsir (52 kitab) meliputi Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi, Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dll.
  2. Dalam bidang Ulumul Qur'an (43 kitab), meliputi I'rabul Qur'an, Asbabu Nuzulil Qur'an, Al-Itqan, Misykatul anwar, Fadlailul Qur'an, Majazul Qur'an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur'an lisy Sayfi'iy, Ahkamul Qur'an li Ibni Arabiy, dll
  3. Dalam bidang Fiqih, ada kitab di lingkungan 4 madzhab yang diletakkan secara terpisah. Untuk Madzhab Syafi'y, 19 kitab yang tersedia. Yaitu, Al-Umm, I'anatuh Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu'in, Asnal Mathalib, Al-Majmu', Raudlatuth Thalibin, Hasyiah Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dll.
  4. Dalam madzhab Imam Maliki (14 kitab), Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dll.
  5. Dalam Madzhab Imam Hanafi terdapat 17 kitab, dan Madzhab Imam Maliki terdapat 14 kitab.
  6. Dalam bidang Tasawuf/Akhlak terdapat Ihya Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, dll.
  7. Klasifikasi umum memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta'tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu'ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam'iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur'anil Karim, Jam'ul Qur'anil Karim fi 'Ahdi Khulafair Rasyidin, dll.
  8. Ushul Fiqh, Mushtalah Hadits, dan berbagai bidang lainnya hingga 29 kelompok dengan total 1800 kitab.
    Silahkan klik disini untuk mengunduh versi terbarunya
    Dalam versi terbaru ini belum termasuk kitab-kitabnya. Untuk mengunduh kitab-kitab itu, silahkan klik disini
    Apabila anda membutuhkan aplikasi winrar untuk bisa membukanya, silahkan unduh disini
    Sumber: www.kuadullahselatan.org</span>

    Artikel Terkait:

    2 komentar:

    1. Namun para staff KUA Cangkringan sedikit yang mengetahui maktabah syamilah. Ya karena kebanyakan mereka gaptek.

      BalasHapus
    2. Ini menjadi persoalan kita bersama. Sebetulnya yang terpenting adalah adanya kemauan untuk maju dan berkembang. Tidak mencukupkan dengan yang selama ini telah ada.

      BalasHapus